Apa itu Attribution Window dalam Facebook Ads?

window

Dalam Facebook Ads dikenal istilah attribution window. Apa yang dimaksud dengan attribution window dalam Facebook Ads?

Attribution window adalah bilangan hari antara waktu audiens melihat atau mengeklik iklan dengan action yang terjadi. Action di sini maksudnya adalah hal-hal yang dilakukan oleh audiens yang mencakup: klik tombol suka / like, klik iklan, mengomentari iklan, mengunjungi website, melakukan pembelian (purchase), dll.

contoh attribution window facebook
Image source: business.facebook.com

Nah, secara default, attribution window dalam Facebook Ads adalah 1-day view dan 28-day click. Artinya, ketika kita menjalankan campaign di Facebook, maka data yang nanti akan muncul di dalam Facebook Ads Manager adalah action audiens yang terjadi dalam kurun 1 hari setelah mereka melihat iklan dan action yang terjadi dalam kurun 28 hari setelah mereka mengeklik iklan.

Walaupun pengaturan default attribution window Facebook adalah 1-day view dan 28-day click, tetapi kita bisa mengubahnya, jika kita mau.

Cara mengubahnya:

Facebook Business Manager > menu hamburger > Settings > Edit

Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan apakah Attribution Window-nya Click and Window atau Click saja. Begitu pula dengan Click Window-nya juga bisa diubah, apakah 1 hari, 7 hari, atau 28 hari. Demikian pula dengan View Window-nya.

TIPS: Saran saya, gunakan settingan default atau dalam kata lain, Facebook Attribution Window tidak perlu diubah.

Memahami Hasil Iklan Berdasarkan Attribution Window

Jika kita mencentang bagian “1 Day View” dan “1 Day Click”, maka di Ads Manager kita akan melihat adanya perbedaan data.

Untuk lebih memahami penjelasan di atas, silakan lihat screenshot di bawah ini:

contoh perbedaan attribution window facebook
Hasil SS FB Ads Manager yang Saya Kelola

Screenshot di atas menampilkan data pembelian oleh target audiens, di mana pembelian tersebut terjadi pada saat 1 hari setelah target audiens melihat iklan (Website Purchases View Attribution) dan 1 hari setelah target audiens mengklik iklan (Website Purchases Click Attribution).

Dari screenshot di atas, kita bisa melihat dalam jangka waktu dari tanggal 1 s/d 22 Agustus 2017, campaign dengan objective conversions, menghasilkan pembelian sebanyak 85 kali (Website Purchases View Attribution) dan 73 kali (Website Purchases Click Attribution).

Dalam kata lain, dari semua target audiens yang melihat iklan pada hari Senin, ada sebagian orang yang melakukan pembelian keesokan harinya (Rabu) dan jumlahnya adalah 85 pembelian (purchases); dan dari semua audiens yang mengeklik iklan pada 17 Agustus 2017, ada sebagian orang yang melakukan pembelian pada tanggal 18 Agustus 2017 dan jumlahnya adalah 73 pembelian (purchases).

Nah, bagaimana kalau attribution window-nya diubah menjadi “7 Day View” dan “7 Day Click”?

7 day view and 7 day click attribution
Hasil SS FB Ads Manager yang Saya Kelola

Data di atas berbunyi…

… telah terjadi 346 pembelian (purchases) dalam jangka waktu 7 hari setelah audiens melihat iklan; terjadi 241 pembelian (purchases) dalam jangka waktu 7 hari setelah audiens mengeklik iklan.

Dan apabila attribution window-nya saya ubah menjadi “28 Day View” dan “28 Day Click”, tentu hasilnya akan lebih banyak lagi.

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu attribution window dalam Facebook Ads.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 8 =