Belajar Memahami Gravitasi, Belajar Menjadi “Gravitasi”

April 2, 2017 by 10 comments Posted in Blog Competition

gambar utama dalam artikel tentang gravitasi

Kata Wikipedia, gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.

Hei, kalian para pembaca, apakah kalian mengerti definisi gravitasi di atas? Jika mengerti, bagus. Jika tidak, tidak masalah, karena saya pun juga belum terlalu mengerti.

Nah, karena saya belum mengerti, maka saya memutuskan untuk belajar lagi mengenai gravitasi.

Belajar Memahami Gravitasi

Saya sudah membuka halaman Wikipedia tentang gravitasi, tapi saya masih belum juga paham. Karena itu, saya putuskan untuk bertanya langsung kepada orang yang sekiranya mengerti tentang apa itu gravitasi.

Orang yang pertama kali saya ajukan pertanyaan tentang gravitasi adalah salah seorang teman saya, yang merupakan seorang dosen sekaligus mahasiswa S3 di salah satu universitas di Jakarta.

Pertanyaan saya ke beliau adalah…

Seandainya anak antum yang masih kecil, usianya sekitar 5 tahun, bertanya kepada antum, “Apa itu gravitasi?” Apa jawaban antum agar anak antum itu mengerti tentang gravitasi?

Sengaja saya tanya begitu, biar saya gak terlalu malu akibat saya kurang paham tentang gravitasi. 😅

Dan si dosen pun menjawab sesuai dengan pertanyaan saya…

Beri contoh benda jatuh… Lalu bilang, “benda ini jatuh ke bawah, gk ke atas, itu karena gravitasi…”

gravitasi

***

Penjelasan sang dosen membuat saya lebih mengerti tentang gravitasi. Melalui penjelasan tersebut, saya menjadi berpikir, bahwa seandainya benda yang kita jatuhkan malah ke atas, maka akan jadi tidak karuan dunia ini. Entah kekacauan seperti apa yang akan ditimbulkan akibat tidak adanya gravitasi.

Tanpa gravitasi, kita akan melayang-layang selayaknya hidup di bulan. 😳

Tanpa gravitasi, benda-benda akan menjadi berhamburan dan sangat mungkin untuk saling bertubrukan. 😬

Tanpa gravitasi, akan terjadi kiamat. 😱

Nah, jadi kesimpulannya: keberadaan gravitasi itu penting! 👍

***

Belajar Menjadi Gravitasi

Jika gravitasi itu penting, maka pertanyaannya, bisakah kita menjadi “gravitasi”?

Jawabannya, ya.

Bagaimana caranya?

Jadilah orang yang bermanfaat.

Bila bisa memberi manfaat pada sesama, kita kan menjadi “gravitasi” bagi orang sekitar kita.Click To Tweet

Bila kita menjadi orang yang bermanfaat, maka kita akan menjadi “gravitasi” bagi orang-orang di sekitar kita. Ketika mereka butuh bantuan kita, mereka akan dengan senang hati mendatangi kita.

“Nan, bisa editin video, gak? Tim pemasaran lagi butuh video baru untuk presentasi, nih!” Dalam hati… saya ini content writer, bukan video editor! Sewa jasa editor video aja sana!

“Adnan, dulu perusahaan pernah beli software… nah, tapi software tersebut gak bisa fitur ini dan gak punya fitur itu… nah, Adnan kira-kira bisa gak ngerjainnya?” Dalam hati… kalau cuma bikin dokumen sederhana pakai HTML5 saya masih bisa, kalau bikin website dengan bantuan CMS WordPress, saya masih bisa, tapi kalau bikin software… arghghghhhh… halo Pak, saya ini digital marketer, bukan programmer! Kalau upgrade software, hubungi vendor yang dulu, Pak!

***

Meningkatkan Daya Tarik Gravitasi dengan Luna

Ngomong-ngomong tentang gravitasi, buat kalian para pembaca yang sudah menjadi “gravitasi” dan ingin meningkatkan daya tarik kalian, kalian bisa nih pakai Luna Smartphone.

Luna Smartphone

Kenapa? Karena si Luna Smartphone ini bisa membuat kalian makin produktif!

Gak percaya? Oke, saya akan bahas keunggulan Luna selengkap mungkin.

Kita mulai dari processor.

Processor

Luna Smartphone menggunakan processor Qualcomm Snapdragon S801 MSM8974AC, quad-core 2.5GHz.

luna processor

Apa kehebatan dari processor jenis ini?

Setahu, processor yang digunakan oleh Luna ini adalah processor yang sama digunakan pada Galaxy S5, salah satu smartphone tipe high end produksi perusahaan terkenal di bidang teknologi dari negeri Ginseng.

Processor jenis ini juga digunakan oleh OnePlus One, Sony Xperia Z3, LG G3, New Moto X, dan HTC One (M8). Semua tipe smartphone yang saya sebutkan tersebut adalah smartphone tipe high end, alias smartphone yang punya kemampuan di atas rata-rata smartphone pada umumnya.

Jadi, bisa dibilang, dari segi kemampuan, si Luna Smartphone ini tidak perlu diragukan!

Sekarang kita bahas memory.

Memory

Luna Smartphone memiliki memory internal sebesar 64 GB. Dengan memory internal sebesar ini, kita gak perlu lagi tambah Micro SD. Kalau pun 64 GB itu kurang bagi Anda, maka tenang, karena Luna Smartphone bisa dimasukkan memory tambahan berupa Micro SD dengan kapasitas hingga 128 GB! Luar biasa!

Lanjut ke RAM.

RAM

Adapun dari segi RAM, Luna Smartphone memiliki RAM sebesar 3GB. Buka aplikasi lebih dari satu, dijamin gak akan nge-lag. Lho, kok saya tahu? Ya, karena smartphone saya RAM-nya saja hanya 2GB dan tidak pernah ngelag, kok. Padahal, saya ini digital marketer yang biasa buka banyak aplikasi media sosial dan aplikasi messaging, serta aplikasi analytics semacam Google Analytics dan Facebook Ads Manager dalam waktu bersamaan. Jadi, kalau RAM 2GB aja udah cukup bagi digital marketer, apalagi RAM 3GB?

Lanjut ke layar.

Layar

layar Luna Smartphone

Layar Luna Smartphone dilapisi oleh Gorilla Glass 3. Dengan adanya lapisan ini, layar Luna akan lebih tahan goresan, sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan pelindung layar tambahan.

Dan buat kalian yang tangannya suka keringetan, jangan khawatir, cukup usapkan lap microfiber ke layar yang terkena keringat kalian tersebut, maka layar Luna akan kembali cemerlang.

Sejak akhir 2014 saya sudah menggunakan smartphone yang layarnya dilapisi Gorilla Glass 3, jadi saya tahu seperti apa nyamannya menggunakan smartphone yang memiliki lapisan Gorilla Glass 3.

Sekarang kita bahas kamera.

Kamera

kamera belakang Luna Smartphone

Luna Smartphone dibekali kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP yang kualitasnya setara dengan kamera iPhone 6.

Dengan kamera jenis ini, Anda wahai digital marketer yang doyan selfie bisa selfie dan hasilnya bisa membuat Anda PD untuk menaruh hasil jepretan Anda di Instagram.

Atau, bagi Anda digital marketer yang suka ngeblog, maka Anda tak perlu lagi kemana-mana bawa kamera. Cukup bawa si Luna dan ia pun bisa membantu Anda mengambil foto-foto dengan kualitas yang cukup baik.

Yuk lanjut bahas jaringan!

Jaringan

Luna Smartphone sudah memiliki teknologi 4G. Artinya, dengan Luna Smartphone, kita bisa internetan ria dengan kecepatan yang maksimal! Namun, bagi Anda yang di daerahnya masih belum terjangkau oleh jaringan 4G, tidak perlu khawatir, karena Luna Smartphone juga mendukung jaringan 3G.

Sebenarnya saya ingin membahas fitur lain yang dimiliki oleh si Luna ini. Namun, berhubung artikel ini sudah mencapai hampir 1.000 kata, maka saya putuskan untuk segera mengakhirinya.

Untuk fitur Luna Smartphone selengkapnya, silakan simak gambar di bawah ini, ya!

spesification Luna Smartphone

Setelah mengetahui semua fitur yang terdapat pada Luna ini, saya bisa menyimpulkan bahwa Luna Smartphone bisa membantu kita, para digital marketer, bekerja dengan maksimal.

Dengan bekerja secara maksimal, mudah-mudahan hasil pekerjaan kita menjadi terjaga dan bahkan meningkat kualitasnya.

Menjaga dan meningkatkan kualitas kerja adalah prestasi. Semakin berprestasi, semakin bermanfaat diri kita bagi organisasi. Bila itu terjadi, berarti kita telah berhasil menjadi “gravitasi”.

Penutup

Gravitasi adalah salah satu gaya terpenting yang ada di alam semesta dan kita pun juga bisa menjadi “gravitasi” bagi orang-orang di sekeliling kita.

Bagaimana caranya?

Jadilah orang yang memiliki keahlian, jadilah orang yang bisa diandalkan, jadilah orang yang bisa diserahi kepercayaan.

Itu cara yang diajarkan oleh para orang hebat. Dan saya yakin, cara tersebut bisa berhasil di mana pun. Jika Anda sudah menjadi “gravitasi” di lingkungan Anda, selamat! Jika belum, mari sama-sama belajar menjadi “gravitasi” di lingkungan kita masing-masing.

Semoga Anda para pembaca dan saya bisa berhasil menjadi “gravitasi” di dunia masing-masing, Aamiin. (*)

10 comments

  1. Amir Mahmud 6 months ago

    Smartphone luna emang kece badai pokonya. Dengan adanya kamera smartphone luna yang setara iPhone 6S ini, aktifitas ngeblog pun semakin lancar karena mampu menghasilkan gambar gambar yang lebih terang. Karena menurut saya, ngeblog itu bukan hanya sekedar tentang menulis, tapi juga fotografi.

    Btw komentar baliknya ya di artikel saya http://www.amir-silangit.com/2017/04/menjadi-gravitasi-di-lingkungan-sekitar.html terimakasih, sukses untuk lombanya ^_^ #BeTheGravity with #SmartphoneLUNA

  2. Joni 6 months ago

    Gravitasi padahal pelajaran SD, tapi udah gede malah bingung… #Hadeuh

    • Adnan Syafi'i 5 months ago

      Maklum, Om… saya bukan orang pinter, jadi walaupun udah belajar, tetap aja banyak hal yang saya masih belum paham 😛

  3. Nanda 6 months ago

    Belajar menjadi gravitasi, sebuah tulisan yang menarik..

    Mudah-mudahan kita bisa menjadi gravitasi di lingkungan kita masing-masing. 🙂

  4. Miss Sasha 6 months ago

    Btw, quote-nya bagus tuh, Mas… “Bila bisa memberi manfaat pada sesama, kita kan menjadi gravitasi bagi orang sekitar kita.

    Oh ya, sekalian tanya, kalo quote dibikin Click to Tweet kayak punya mas itu, gimana caranya, ya?

    Aku pengguna WordPress, pakai plugin apa?

  5. April Tupai 6 months ago

    disadari atau nggak setiap orang pasti punya manfaat tersendiri bagi sekitar yaa, dan hape luna yang kece ini cocok banget emang dukung gravitasi kita. btw, mampir dan komen jg yuk d blog saya, ikutan be the gravity juga nih hehe

Leave a Comment

Related Story