Modul 1.2: Memahami Istilah Penting dalam Facebook Ads

September 12, 2017 by no comments

Sebagai Facebook Advertiser, kita harus mengerti istilah-istilah penting dalam Facebook Ads.

Untuk memahami istilah-istilah penting tersebut, kita harus membaca definisi dari setiap istilah.

Dalam prosesnya, sebagai pemula, Anda tidak harus membaca definisi dari istilah-istilah tersebut dari awal. Cukup pahami dari definisi dari istilah-istilah begitu Anda menemukannya.

So, di halaman ini, saya tidak akan menjelaskan kepada Anda definisi dari masing-masing istilah, karena Facebook sebenarnya sudah menjelaskan definisi dari masing-masing secara jelas dan detail.

Facebook Ads Glossary
Image source: christiankonline.com

Seiring perjalanan, Anda akan menemukan istilah-istilah baru, dan saya sarankan Anda untuk membaca definisi dari setiap istilah baru tersebut.

Saya pribadi, saat mulai belajar Facebook Ads sekitar 2 tahun yang lalu, tidak langsung membaca definisi dari setiap istilah yang ada dalam Facebook, karena saya merasa itu adalah hal yang membosankan.

Cara yang saya tempuh ialah, saya jalan saja dengan istilah yang sudah saya pahami, dan begitu saya menemukan istilah baru yang belum saya tahu maksudnya, maka saya baru mencari definisi atau penjelasan untuk istilah tersebut.

Walau demikian, saya tidak memaksakan Anda untuk mengikuti cara saya.

Khusus untuk Anda yang tipenya berbeda dengan saya, yang ingin memahami segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum memulai, maka Anda bisa membaca beberapa referensi di bawah ini.

Facebook Terminology Glossary

Glossary of Ad Terms

*****

Note: Di antara Anda, mungkin ada yang bertanya, “Mas, saya masih belum bisa bahasa Inggris. Kalau tidak dijelaskan, gimana saya bisa mengerti dua referensi yang mas rekomendasikan di atas?”

I cannot speak English
Image source: blog.best-teacher-inc.com

Terus terang, saya katakan kepada Anda, bahwa saat belajar Facebook Ads dulu pun bahasa Inggris saya masih jauh dari sempurna, bahkan untuk sekedar membaca sekalipun!

Walau demikian, saya memaksakan diri untuk tetap menggunakan dashboard Facebook Ads Manager dengan tampilan bahasa Inggris sejak awal, dan belajar bahasa Inggris di sela-sela waktu saya, sehingga kemampuan bahasa Inggris saya meningkat dan kemampuan saya dalam memahami Facebook Ads pun ikut meningkat (walau secara perlahan).

Untuk Anda yang sama seperti saya, yang belum lancar bahasa Inggris, Anda harus memaksakan diri untuk belajar bahasa Inggris dan membiasakan menggunakan Facebook dengan tampilan bahasa Inggris.

Percayalah, semakin bagus bahasa Inggris Anda, semakin cepat pula Anda dalam belajar Facebook Ads.