Modul 2.2: Tools untuk Optimasi Profile Picture dan Cover Fan Page

September 16, 2017 by no comments

Di modul sebelumnya, saya menganjurkan Anda untuk menggunakan jasa desainer grafis profesional guna pembuatan profile picture dan cover fan page.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, biasanya perusahaan sudah memiliki desainer grafis profesional sendiri, dan Anda tinggal melakukan request ke sang desainer untuk membuat desain profile dan cover fan page.

Namun, jika Anda menjalankan bisnis pribadi, dan memiliki budget yang minim, jangan khawatir, karena ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat cover dan profile picture yang menarik dengan murah bahkan gratis.

Beberapa tools yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Canva

Untuk mulai menggunakan canva, kunjungi situs Canva, lalu daftarkan diri Anda. Untuk pendaftaran, klik tombol “Sign up with Email”, lalu masukkan nama lengkap, email, dan password Anda, lalu klik tombol “Sign up”.

form pendaftaran canva

Setelah itu, silakan buka email Anda, cari subject “Please confirm your Canva account”, lalu klik tombol “Confirm my account”.

canva email confirmation

Setelah konfirmasi, Anda akan dibawa ke halaman dashboard Canva. Di halaman tersebut, klik “More”, lalu cari bagian “Social Media & Email Headers”, lalu klik “Facebook Cover”. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman baru, di halaman tersebut silakan mulai mendesain cover.

Adapun profile picture, biasanya di bagian tersebut diisi dengan logo. Untuk membuat logo menggunakan Canva, kunjungi www.canva.com/create/logos, lalu klik tombol “Start Designing a Custom Logo”. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman baru, di halaman tersebut silakan mulai mendesain logo untuk fan page Anda.

Bagaimana tahapan membuat logo menggunakan Canva? Tenang saja, untuk pengguna baru, Canva biasaya langsung menyajikan tutorial singkat sehingga Anda akan segera paham bagaimana membuat logo menggunakan Canva.

2. Crello

Untuk mulai menggunakan Crello, kunjungi situs Crello, lalu daftarkan diri Anda. Untuk memulai pendaftaran, klik tombol “SIGN UP” yang terletak di sebelah kiri bawah layar komputer Anda.

Crello Home Page

Selanjutnya Anda akan di bawa ke halaman baru, di halaman tersebut silakan masukkan email Anda dan password, lalu klik tombol “SIGN UP”.

Crello - Halaman Registrasi

Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman dashboard Crello, klik “View More Formats”, cari bagian “Covers & Headers”, lalu klik “Facebook Cover”. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman project untuk mulai mendesain cover untuk fan page Anda.

Saat tulisan ini dibuat, Crello masih belum menyediakan halaman project khusus untuk mendesain logo. Untuk mendesain logo guna dipasang di bagian profile picture fan page Anda, Anda bisa menggunakan Canva sebagaimana yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya.

3. BannerSnack

Selain Canva dan Crello, kita juga bisa menggunakan BannerSnack untuk membuat cover fan page.

BannerSnack - Halaman Depan

Pertama-tama, kunjungi situs BannerSnack, lalu klik tombol “Sign up free”. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, di halaman tersebut silakan masukkan email, password, dan nama Anda, lalu klik tombol “Sign up free”.

BannerSnack - Halaman Registrasi

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, silakan kunjungi halaman ini, lakukan scrolling ke bawah sedikit, lalu pindahkan tab dari “FB ad” ke “FB cover”.

BannerSnack FB Banner

Selanjutnya, pilih desain cover yang Anda suka, lalu klik “Start from this”. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman baru, di halaman tersebut silakan mulai mendesain cover untuk fan page Anda.

Demikian tiga tools yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi profile picture dan cover fan page.

Selamat mencoba!