Modul 3.1: Daftar Produk yang tidak boleh Diiklankan di Facebook

September 12, 2017 by no comments

Melalui halaman ini, Facebook telah menginformasikan beberapa produk yang dilarang untuk diiklankan dengan menggunakan Facebook Ads.

Produk-produk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Produk atau Layanan Ilegal

Iklan tidak boleh berupa, memfasilitasi, atau mempromosikan produk, layanan, atau aktivitas ilegal. Iklan yang ditargetkan kepada anak di bawah umur tidak boleh mempromosikan produk, layanan, atau konten yang tidak pantas, melanggar hukum, tidak aman, atau mengeksploitasi, menyesatkan, memaksa dengan tekanan yang tidak semestinya kepada grup usia yang ditargetkan.

2. Produk Tembakau

Iklan tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan produk tembakau dan terkait dengan paraphernalia.

peraturan Facebook untuk produk tembakau

3. Obat-obatan & Produk Terkait Obat-obatan

Iklan tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan obat ilegal, obat resep, atau narkotika.

peraturan Facebook untuk produk obat-obatan

4. Suplemen yang Tidak Aman

Iklan tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan suplemen yang tidak aman, sebagaimana ditentukan oleh Facebook dalam kebijaksanaannya sendiri.

Aturan FB untuk produk suplemen

5. Senjata, Amunisi, atau Bahan Peledak

Iklan tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan senjata, amunisi, atau bahan peledak.

Aturan FB untuk produk senjata

6. Produk atau Layanan Orang Dewasa

Iklan tidak boleh mempromosikan penjualan atau penggunaan produk atau layanan orang dewasa, kecuali iklan untuk keluarga berencana dan kontrasepsi. Iklan untuk kontrasepsi harus berfokus pada fitur kontrasepsi produk tersebut dan bukan pada kenikmatan seksual atau peningkatan kemampuan seksual, dan harus ditargetkan ke orang yang berusia 18 tahun ke atas.

Demikian daftar produk yang dilarang untuk diiklankan dengan menggunakan Facebook Ads.

Sebagai Facebook Advertiser, kita sepatutnya bersikap patuh pada aturan yang telah ditetapkan Facebook. Karena apabila ketahuan melanggar, maka Facebook akan menjatuhkan hukuman, yaitu AME alias Ads Manager Error.

Selama ini, saya pribadi belum pernah mengalami AME. Jadi, saya tidak belum bisa bercerita kepada Anda apa rasanya dihukum oleh Facebook dan apa yang harus dilakukan ketika terkena hukuman tersebut.

Saya cuma menyarankan kepada Anda agar bermain sesuai aturan saja. Bermain sesuai aturan lebih selamat dan bisa membuat tidur lebih nyenyak.

*****

Note: Selain daftar produk di atas, ada beberapa hal lain yang dilarang oleh Facebook untuk digunakan atau disertakan dalam iklan. Saya tidak akan menjelaskannya secara ulang di sini, karena Facebook sudah menjelaskannya secara detail di halaman ini.