Modul 3.3: Riset Produk Laris

September 17, 2017 by no comments

Untuk meningkatkan penjualan dengan Facebook Ads, salah satu hal yang saya sarankan untuk dioptimasi ialah produk.

Jika sebelumnya Anda mengiklankan sembarang produk dengan Facebook Ads, maka agar penjualan Anda meningkat, saya sarankan Anda untuk hanya mengiklankan produk-produk yang terbukti laris saja.

Saya menyarankan hal ini bukan berarti saya melarang Anda untuk mengiklankan produk-produk yang tidak laris. Bukan, bukan begitu. Pada akhirnya, kita tetap akan mengiklankan semua produk, tetapi tidak semua produk kita akan perlakukan dengan sama.

Tentang bagaimana mengiklankan produk terbukti laris dan belum terbukti laris akan ada pembahasannya tersendiri di modul lain, untuk saat ini, saya minta Anda untuk mencari tahu produk apa saja yang laris, yang kemungkinan bisa Anda jual untuk meningkatkan penjualan di toko online atau bisnis Anda.

Untuk mencari tahu produk apa saja yang terbukti laku di pasaran, ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Berikut di antaranya.

A. Melakukan Riset di Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace terbesar di Indonesia, dan kita bisa memanfaatkan Tokopedia untuk mencari tahu produk apa yang terbukti laris di pasaran.

Untuk mengetahui produk apa yang laris di Tokopedia, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Kunjungi situs Tokopedia
    2. Pilih kategori dan subkategori (untuk memunculkan semua kategori, tambahkan “/p” setelah tokopedia.com, lalu klik enter)
    3. Contoh: saya memilih kategori “Dapur” dan sub kategori “Peralatan Makan”, maka yang muncul adalah halaman berikut:(gambar 1)
    4. Secara default, produk yang ada di halaman ditampilkan dengan urutan “Paling Sesuai”. Ubah “Paling Sesuai” menjadi “Penjualan”. Dari kiri ke kanan, itulah daftar produk yang paling banyak dari segi penjualan.

Selain memanfaatkan fitur yang ada di dalam Tokopedia, kita juga bisa memanfaatkan tools khusus, yaitu Oderlo.

Oderlo adalah tools untuk mencari tahu produk apa yang laris di Tokopedia dalam kurun waktu 7 hari terakhir dan 30 hari terakhir. Oderlo juga menampilkan statistik jumlah transaksi atau order dan berapa barang yang sudah terjual.

Oderlo

Contoh: dalam screenshot di atas, terlihat bahwa jumlah orders menunjukkan angka 16.400, dan sold 36.684. Artinya, telah terjadi pembelian sebanyak 16.400 kali, dan rata-rata produk yang terjual setiap pembelian adalah 2 produk.

Untuk mengetahui produk apa yang laris di Tokopedia dengan bantuan Oderlo, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi app.oderlo.com, lalu login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Setelah Anda berada di dalam dashboard Oderlo, klik “Search Product”.
  3. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan produk-produk di Tokopedia dengan urutan “Paling Sesuai”. Untuk menampilkan produk-produk dengan urutan paling banyak dibeli orang, silakan ganti dari “Paling Sesuai” menjadi “Transaksi (Banyak-Sedikit)”, lalu klik tombol “Search”.
  4. Setelah klik tombol “Search”, Oderlo akan menampilkan produk-produk di Tokopedia dengan urutan paling banyak dibeli orang dalam jangka waktu 30 hari terakhir.

B. Melakukan Riset di Bukalapak

Bukalapak

Bukalapak adalah marketplace pesaing terdekatnya Tokopedia, dan Bukalapak bisa kita manfaatkan juga untuk memberi informasi tentang produk apa yang terbukti laris kepada kita.

Untuk mengetahui produk apa yang laris di Bukalapak, kita tidak bisa hanya mengandalkan fitur yang terdapat di Bulapak, tetapi kita membutuhkan tools tambahan, yaitu RisetMarket.com.

RisetMarket.com saat ini belum bisa digunakan oleh umum, tetapi saya tuliskan di sini tutorialnya, agar ketika tools tersebut sudah launch, Anda sudah tahu bagaimana menggunakannya.

Untuk mengetahui produk apa yang laris di Bukalapak dengan bantuan tools RisetMarket.com, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi app.risetmarket.com, lalu login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  2. Klik “Bukalapak”.
  3. Setelah klik, Anda akan dibawa ke halaman baru yang menampilkan produk-produk terlaris di Bukalapak kemarin. Selain mengetahui produk terlaris di waktu dalam jangka waktu 1 hari yang lalu, Anda juga bisa mengetahui produk terlaris di Bukalapak dalam jangka waktu 7 hari lalu dan 30 hari yang lalu.

RisetMarket.com

Demikian pembahasan tentang riset produk laris. Dalam modul ini, ada beberapa tools yang mungkin belum bisa Anda gunakan saat ini. Tidak mengapa. Lakukan saja riset produk sebisa Anda. Meriset produk dengan memanfaatkan fitur gratis yang ada di Tokopedia saja sebenarnya sudah cukup untuk menemukan produk yang terbukti laris.