Modul 4.2: Cara Mengukur Kecepatan Landing Page

September 20, 2017 by no comments

Di modul sebelumnya saya sudah sharing tentang 13 elemen dalam landing page yang wajib dioptimasi. Di antara ke-13 elemen tersebut, ada satu elemen yang saya khususkan pembahasannya, yaitu kecepatan.

Kecepatan landing page wajib dioptimasi. Jika tidak dioptimasi, landing page akan terasa lambat saat diakses sehingga membuat pengunjung merasa kesal dan akhirnya pengunjung memutuskan tidak jadi mengakses landing page tersebut.

Sebelum mengoptimasi kecepatan landing page, kita harus mengukur kecepatannya sebelum dioptimasi agar kita tahu perbedaan kecepatan landing sebelum dan sesudah dioptimasi.

Untuk mengukur kecepatan landing page, ada banyak tools yang bisa kita gunakan, tiga yang terkenal adalah sebagai berikut:

  1. GTmetrix
  2. Google PageSpeed Insights
  3. Pingdom

GTmetrix

GTmetrix tools

Untuk mengukur kecepatan landing page menggunakan GTmetrix, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs GTmetrix
  2. Masukkan URL landing page And di kolom “Enter URL to Analyze…”
  3. Klik tombol “Analyze”
  4. Setelah tombol “Analyze” diklik, GTmetrix akan menampilkan Performance Scores dari landing page Anda. Jika Anda mendapatkan score A atau B, berarti menurut GTmetrix, landing page Anda sudah bagus dari sisi kecepatan.

Google PageSpeed Insights

PageSpeed Insights

Untuk mengukur kecepatan landing page menggunakan Google PageSpeed Insights, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs Google PageSpeed Insights
  2. Masukkan URL landing page Anda di kolom “Enter a web page URL”
  3. Klik tombol “Analyze”
  4. Setelah tombol “Analyze” diklik, Google PageSpeed Insights akan menampilkan nilai dari landing page Anda. Jika Anda mendapatkan nilai “Good”, berarti landing page Anda sudah bagus dari sisi kecepatan. Jika nilai yang Anda dapatkan adalah “Needs Work”, berarti landing page Anda masih butuh perbaikan.

Pingdom

Pingdom

Untuk mengukur kecepatan landing page menggunakan Pingdom, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs Pingdom
  2. Masukkan URL landing page Anda di kolom “URL”. Untuk kolom “Test from” dibiarkan saja
  3. Klik tombol “Start Test”
  4. Setelah tombol “Start Test” diklik, Pingdom akan menampilkan Performance Grade dari landing page Anda. Jika Anda mendapatkan nilai “B” atau bahkan “A”, berarti landing page Anda sudah bagus dari sisi kecepatan. Jika nilai yang Anda dapatkan adalah “C” atau bahkan “D”, berarti landing page Anda masih butuh perbaikan.

Penutup

Semua tools yang saya sebutkan di atas bukan hanya menampilkan skor kecepatan landing page Anda, tapi juga menampilkan hal-hal apa saya perlu diperbaiki agar skor kecepatan landing page Anda meningkat.

Di modul berikutnya, saya akan sharing tentang cara meningkatkan kecepatan landing page Anda.