Mengenal Menu “Channel” dalam Google Analytics

google analytics

Dalam Google Analytics terdapat menu “Channel”. Menu ini kita akses ketika kita ingin mendapatkan informasi tentang channel atau saluran asal pengunjung website kita.

Untuk menampilkan data channel, silakan kunjungi dashboard Google Analytics > Acquisition > All Traffic > Channels.

Nah, untuk bisa memahami data yang ditampilkan di dalam menu “Channels, mari kita pelajari beberapa istilah di bawah ini..

Istilah dalam Menu “Channel” di Google Analytics

A. Direct

Direct berarti pengunjung mengunjungi website dengan cara mengetikkan langsung domain kita di web browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll).

B. Organic Search

Organic Search – berarti pengunjung mengunjungi website dengan cara mengetikkan kata kunci di mesin pencari (seperti Google dan Yahoo), lalu di halaman hasil pencarian muncul title dan description tag salah satu halaman di website kita, dan pengunjung mengekliknya.

C. Paid Search

Paid Search – berarti pengunjung mengunjungi website dengan cara mengeklik iklan yang muncul di halaman hasil pencarian.

Contohnya:

contoh paid search

Pengunjung mengetikkan kata kunci “Jasa Pembuatan CV Lamaran Kerja” di Google, lalu muncul iklan dari cvonline.id. Nah, kalau orang mengeklik iklan tersebut, maka orang tersebut di Google Analytics akan termasuk ke dalam kategori pengunjung yang berasal dari paid search.

D. Referral

Referral – berarti pengunjung mengunjungi website dengan cara mengeklik link yang ada di halaman website lain.

E. Social

Social – berarti pengunjung mengunjungi website dengan cara mengeklik link website kita yang terpasang di halaman media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dll.

F. (Other)

(Other) – ini adalah istilah untuk menandakan bahwa pengunjung mengunjungi website kita melalui cara yang tidak termasuk ke dalam channel default yang ada di Default Channel Grouping di Google Analytics.

Manfaat Memahami Data Channel di Google Analytics

Bagi saya pribadi, dengan memahami data channel di Google Analytics, saya jadi tahu apa channel marketing yang efektif untuk mendatangkan calon pembeli di website saya.

Silakan lihat screenshot di bawah ini:

paid search channel google analytics

Dari screenshot di atas, saya jadi bisa mengetahui dengan cepat bahwa paid search adalah channel marketing yang efektif untuk mendatangkan pembel.

Dan selanjutnya saya bisa mengambil keputusan apakah akan berfokus hanya di channel marketing tersebut, ataukah saya perlu mencoba mengoptimasi channel marketing yang lain dan melakukan perbandingan dengan channel marketing yang sudah ketahuan efektif.

Demikian.

Semoga membantu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + nine =

Scroll to Top