Kebijakan Privasi

AdnanSyafii.com memperhatikan kenyamanan dan kerahasiaan data setiap pengunjung. Oleh karena itu, melalui halaman ini, kami ingin menjelaskan tentang kebijakan privasi kami: bagaimana kami mendapatkan informasi dari para pengunjung dan bagaimana informasi-informasi tersebut dimanfaatkan.

Mengumpulkan dan Memanfaatkan Data Pengunjung

AdnanSyafii.com menggunakan Google Analytics untuk keperluan pengumpulan data pengunjung. Data tersebut berupa jenis kelamin, rentang usia, kota dan negara di mana pengunjung mengakses blog AdnanSyafii.com, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengakses blog, halaman apa saja yang dikunjungi, hingga perangkat apa yang digunakan untuk mengakses blog AdnanSyafii.com.

Data-data tersebut dimanfaatkan untuk membantu kami dalam memahami para pengunjung blog kami secara garis besar. Dengan memahami pengunjung kami, kami jadi tahu apa yang harus kami lakukan untuk meningkatan kualitas blog ini.

Contohnya: kalau ada suatu artikel yang pengunjungnya banyak tapi waktu yang dihabiskan pengunjung di artikel tersebut sebentar, kami bisa mengetahui bahwa mungkin artikel kurang menarik dan kurang bermanfaat bagi pengunjung kami, sehingga kami bisa meningkatkan kualitas artikel tersebut.

Nah, itu tadi contoh bagaimana kami memanfaatkan data yang kami peroleh dengan bantuan Google Analytics.

Adapun bagaimana data tersebut bisa kami peroleh, seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahkan kami melakukan hal itu dengan bantuan Google Analytics. Bagaimana Google, selaku pembuat Google Analytics, mendapatkan data-data tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pihak Google telah membuat sebuah halaman khusus dan kamu bisa langsung mengeceknya di sini.

Selain Google dengan alat Google Analytics-nya, kami juga menggunakan alat dari pihak ketiga lainnya seperti Facebook Pixel dari Facebook. Fungsi Facebook Pixel ialah untuk merekam data pengunjung yang nantinya akan dimanfaatkan untuk keperluan beriklan di Facebook. Dengan adanya Facebook Pixel di blog AdnanSyafii.com, kami bisa membuat iklan yang lebih tepat sasaran. Salah satu manfaatnya, kami bisa membuat Anda tidak lagi melihat iklan yang berisi artikel-artikel yang sudah Anda pernah baca sebelumnya.

Demikian cara kami dalam memanfaatkan data pengunjung yang kami peroleh dengan bantuan Google Analytics dan Facebook Pixel. Tentu saja, selain kami, pihak ketiga dalam hal ini Google dan Facebook juga memanfaatkan data pengunjung kami untuk keperluan mereka. Keduanya adalah perusahaan kelas dunia yang sangat memperhatikan privasi para pengguna mereka. Jadi, Anda sebaiknya tidak perlu khawatir bagaimana data kunjungan Anda dimanfaatkan oleh mereka.

Namun, jika Anda tidak ingin data kunjungan Anda ke blog ini dikumpulkan dan dimanfaatkan oleh keduanya, atau jika Anda ingin mengatur privasi Anda, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti penjelasan yang ada di sini (Google) dan di sini (Facebook).

Terakhir, jika Anda memiliki pertanyaan terkait kebijakan privasi di AdnanSyafii.com, Anda bisa menghubungi kami melalui email hello@adnansyafii.com.

Kebijakan privasi AdnanSyafii.com ini berlaku sejak tanggal 10 Juli 2020.

Scroll to Top