Alasan Mengapa Kita Harus Mempelajari Peraturan Google Ads

peraturan google ads

Sebelum menggunakan Google Ads, kita harus mempelajari peraturan yang dibuat oleh pihak Google terlebih dahulu.

Mengapa? Supaya urusan kita saat menggunakan layanan Google yang satu ini lancar jaya.

Apa saja peraturan yang harus diketahui sebelum menggunakan Google Ads?

Peraturan Google Ads yang harus diketahui ada empat, yaitu:

  1. Peraturan yang mengatur apa saja konten yang tidak boleh ada dalam iklan (prohibited content).
  2. Peraturan yang mengatur apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna Google Ads (prohibited practices).
  3. Peraturan yang mengatur apa saja konten yang masih bisa diiklankan, tapi penggunaannya serba dibatasi (restricted content and features).
  4. Peraturan yang mengatur perkara teknis atau cara beriklan (editorial and technical).

Mengingat peraturan di atas sudah terdokumentasikan secara lengkap dan bisa diupdate sewaktu-waktu, maka sebaiknya kita mempelajarinya langsung di halaman ini, dan rutin mempelajarinya secara berkala, sebulan sekali misalnya.

belajar
Image by mail272 from Canva

Sekali lagi saya tegaskan bahwa mempelajari dan mengetahui peraturan Google Ads penting agar kita terhindar dari melakukan pelanggaran ketika membuat iklan.

Sebab, berdasarkan pengalaman, sudah tahu peraturan ternyata masih bisa salah juga.

Saya pribadi pernah seperti itu, yaitu sudah tahu peraturannya, tetapi tetap melakukan pelanggaran, walaupun hal itu tidak sengaja saya lakukan.

Salah satu pelanggaran yang pernah saya lakukan adalah: malicious or unwanted software, yaitu di landing page iklan yang saya buat terdapat semacam ‘virus’ yang berpotensi membahayakan pengunjung atau mengurangi kenyamanan pengunjung website.

Penyebabnya, salah satu plugin yang saya gunakan berhasil dieksploitasi oleh orang lain (baca: hacker) sehingga ketika website saya dikunjungi oleh pengunjung, maka pengunjung akan ter-direct ke halaman website lain yang penuh dengan iklan.

Singkat cerita, iklan yang tadinya berjalan pun tiba-tiba dinonaktifkan oleh Google. Saya pun segera googling untuk mencari tahu penyebabnya, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Selain iklan yang tidak disetujui (disapproved), saya juga pernah mengalami hal yang lebih buruk dari itu: akun Google Ads saya dinonaktifkan! 😀

your account is suspended

Kenapa sampai di-suspend begitu? Saya tidak tahu alasan pastinya. Kemungkinan karena saya memiliki akun Google Adsense dan iklan GDN yang saya buat muncul di blog yang terpasang akun Adsense saya itu.

Tapi ini hanya asumsi saya, karena Google tidak memberitahu alasan pastinya. Yang jelas, akun Google Ads saya yang di-suspend itu sudah tidak bisa digunakan kembali.

adwords-id@google.com
to me

Terima kasih atas kesabaran Anda selama proses ini. Kami mengonfirmasi bahwa akun Anda melanggar kebijakan Google Ads. Karena keputusan ini sudah final, akun tidak akan diaktifkan kembali. Mohon jangan buat akun Google Ads lainnya, karena akun tersebut juga akan mengalami penangguhan yang sama.

Terima kasih atas pengertian dan kerja sama Anda.

Itulah jawaban terakhir dari pihak Google ketika saya menanyakan nasib dari akun Google Ads yang di-suspend itu.

Mengerikan, bukan?

So, jangan meremehkan peraturan Google Ads. Baca semuanya, pahami baik-baik, dan hati-hati saat membuat iklan agar tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan.

Demikian pengalaman saya terkait peraturan Google Ads.

Kesimpulannya: kalau sudah tahu saja masih bisa melanggar, apalagi kalau sengaja tidak mau tahu?

Stay informed and keep safe in using Google Ads!

2 komentar untuk “Alasan Mengapa Kita Harus Mempelajari Peraturan Google Ads”

  1. Halo mas Adnan.

    Blognya informatif. Thanks for sharing.

    Saya masih newbie di digital marketing mas.

    Berarti keputusan suspend atau tidak itu mutlak dan tidak bisa diganggu gugat ya? Bahkan Google juga tidak memberikan alasan yang jelas dan rinci. Haha.

    Ini berarti ada manusia yang melaporkan atau memang dari Google ada bot/ machine yang bertugas untuk itu atau bagaimana ya mas?

    Thanks.

    1. Halo Mas Akhlis.

      Terima kasih atas pertanyaannya.

      Kalau kita dapat email bahwa akun Google Ads kita di-suspend, kita bisa mengajukan banding dengan mengisi formulir yang ada di halaman ini > https://support.google.com/google-ads/contact/pf_suspended.

      Selanjutnya tunggu saja kabar dari Google selanjutnya.

      Kalau banding kita disetujui, maka akun Google Ads kita bisa kembali. Kalau tidak, ya kita hanya bisa pasrah menerima keputusan Google.

      Mengenai proses review, setahu saya, yang melakukan review ada dua: sistem dan manusia. Ketika iklan dibuat, maka yang akan melakukan review adalah sistem. Adapun manusia atau istilahnya manual review digunakan ketika advertiser mengajukan permohonan agar dilakukan manual review.

      Cara mengajukan permohonan manual review adalah dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh Google.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =

Scroll to Top