counter create hit

3 Tips agar Anda tetap Produktif saat Bekerja dari Rumah

April 24, 2017 by no comments Posted in Learning English

gambar utama artikel tentang tips bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah, mungkinkah? Ya, dengan dukungan teknologi yang ada saat ini, hal itu sangat memungkinkan.[no_toc]

Walau demikian, tidak semua orang bisa atau mau melakukannya. Alasannya, menurut mereka, bekerja dari rumah membuat mereka tidak seproduktif sebagaimana saat mereka bekerja dari kantor.

Nah, melalui artikel ini, saya ingin membagikan 3 tips tentang bagaimana agar Anda tetap produktif walaupun bekerja dari rumah.

Berikut ke-3 tips tersebut beserta penjelasannya.

1. Sebelum Mulai Bekerja dari Rumah, Pastikan Jaringan Internet tidak Bermasalah

Masalah jaringan internet bisa menimpa siapa saja, termasuk mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Seperti di kediaman orang tua saya di daerah Ciputat, Tangerang Selatan misalnya, di sana jaringan internet milik beberapa provider sangat lambat, bahkan terkadang saya tidak mendapat sinyal sama sekali, sehingga saya memutuskan untuk tinggal di daerah lain yang jaringan internetnya tidak bermasalah.

Entah mengapa jaringan internet di rumah orang tua saya bermasalah, padahal terletak di Tangerang Selatan yang notabene merupakan daerah strategis karena dekat dengan ibu kota Jakarta.

So, tips pertama agar Anda tetap produktif saat bekerja dari rumah ialah, jaringan internet di rumah harus bebas dari masalah.

Pastikan jaringan internet tidak bermasalah sebelum mulai bekerja dari rumah.Click To Tweet

Sebab, jika Anda memutuskan bekerja dari rumah padahal jaringan internet di rumah Anda bermasalah, seperti kecepatannya lambat atau koneksi yang putus-nyambung, maka Anda tidak akan produktif—bukannya mengurusi pekerjaan utama, Anda justru malah dipusingkan dengan masalah internet!

internet bermasalah
Image source: pixabay.com

Apabila rumah Anda berada di daerah yang jaringan internetnya bermasalah, pilihannya ada tiga: Anda datang ke kantor dan bekerja di sana, Anda mendatangi co-working space terdekat dari rumah Anda, atau Anda pindah rumah ke daerah yang jaringan internetnya tidak bermasalah.

Nah, khusus untuk Anda yang memilih opsi ketiga, ada satu perumahan yang layak dipertimbangan untuk menjadi kawasan tempat tinggal Anda berikutnya, yaitu Cyberhome.

Apa itu Cyberhome?

Merujuk keterangan yang terdapat pada situs cyberhome.web.id, Cyberhome adalah suatu perumahan Indonesia pertama yang memiliki internet tercepat dengan kecepatan 100 Mbps—10 Gbps yang dapat menunjang seluruh kegiatan, baik dalam belajar, bekerja, bisnis, dan rekreasi.

Apa yang membedakan Cyberhome dengan perumahan lain?

CyberhomePerumahan Lain
Internet Super High Speed Dedicated dari 100 Mbps - 10 Gbps, Upload dan Download simetrisKecepatan internet biasa saja, dan biasanya hanya digunakan untuk konsumtif
Menghadirkan para pakar bisnis TIK terkemuka untuk menjadi mentor dalam belajar, bekerja, dan berbisnisTidak ada para pakar bisnis TIK yang siap mendedikasikan dirinya untuk menjadi mentor yang mengarahkan untuk belajar, bekerja, dan bisnis
Mempunyai server sendiri untuk membuka usaha online di rumahServer tidak mungkin ada di perumahan biasa
Tempat berkumpulnya para pakar / pengusaha TIKBelum ada tempat untuk berkumpulnya pakar / pengusaha TIK
Rumah yang dapat menjadikan aktivitas belajar, bekerja, bisnis, dan rekreasi bergabung menjadi satuBelum ada perumahan yang menjadikan penghuninya produktif, kebanyakan penghuninya menjadikan rumahnya menjadi perumahan konsumtif

Di mana lokasi Cyberhome?

Cyberhome saat ini berada di Tamansari Cyber Residence, Jl. Cyberpark Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16135.

Untuk info selengkapnya tentang perumahan ini, silakan kunjungi cyberhome.web.id.

Gallery Cyberhome

2. Siapkan Ruang Kerja Khusus

Saat di rumah, walaupun Anda bisa bekerja di ruangan mana saja, Anda tetap harus menyiapkan sebuah ruangan yang Anda niatkan untuk digunakan secara khusus untuk bekerja.

Alasannya? Dengan menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja, saat Anda ada di dalamnya, Anda akan terdorong untuk bekerja, bukan malah melakukan kegiatan-kegiatan lain yang tidak produktif.

So, tips kedua agar Anda tetap produktif saat bekerja dari rumah ialah, siapkanlah sebuah ruangan yang khusus Anda gunakan untuk bekerja!

Agar produktivitas terjaga, siapkan ruang khusus untuk kerja dalam rumah Anda!Click To Tweet

Apa saja yang harus ada di ruangan tersebut?

Bagi pekerja bidang IT, keberadaan meja dan kursi adalah hal yang pasti, karena meja dibutuhkan untuk menaruh laptop dan kursi sebagai tempat duduk diri sendiri.

Namun, untuk Anda yang menginginkan ruang kerja yang bisa mendukung produktivitas Anda secara maksimal, berikut daftar benda yang saya sarankan agar diletakkan di ruang kerja Anda.

  • Laptop atau PC desktop;
  • Monitor tambahan;
  • Mouse dan keyboard wireless;
  • Baterai yang cocok untuk mouse dan keyboard wireless;
  • Meja kerja dan kursi ergonomis;
  • Meja laptop;
  • Headset dengan fitur peredam suara sekitar (noise-canceling);
  • Tanaman hijau;
  • Modem, printer, scanner, tempat sampah, dll;
  • Pintu yang bisa dikunci.

Setelah melihat daftar di atas, mungkin di antara Anda ada yang bertanya, mengapa benda ini perlu ada, mengapa benda itu harus ada? Oke, saya akan jelaskan satu per satu alasannya.

Laptop atau PC Desktop

 gambar laptop dan pc desktop
Image source: pixabay.com

Kenapa barang ini harus ada? Jelas, karena ini adalah barang yang utama. Tanpanya, kita tidak akan bisa bekerja.

Walaupun smartphone saat ini bisa menggantikan apa yang bisa dilakukan oleh laptop atau PC desktop, tapi ia tidak bisa diandalkan untuk digunakan bekerja dalam waktu lama.

Contoh:

Untuk Anda yang bekerja sebagai programmer atau web developer, saat ini sudah tersedia aplikasi code editor semacam DroidEdit, QuickEdit, dan Quoda Code Editor yang memungkinkan Anda menulis bahasa pemrograman dengan menggunakan smartphone.

Walau demikian, saya yakin bahwa mayoritas coder pasti lebih suka menulis bahasa pemrograman dengan menggunakan laptop atau PC desktop ketimbang menggunakan smartphone.

Mengapa?

Salah satu alasannya ialah karena smartphone memiliki layar yang kecil sehingga membuat coder tidak bisa melihat hasil codingan dengan lebih banyak. Juga, smartphone memiliki keyboard virtual yang kecil, sehingga kecepatan mengetik di smartphone tidak secepat saat mereka mengetik di keyboard yang biasa mereka gunakan.

coding di depan komputer
Image source: unsplash.com

Contoh lain:

Untuk Anda yang bekerja sebagai digital marketer, saat ini sudah tersedia aplikasi Google Analytics dan Facebook Ads Manager, sehingga Anda bisa melakukan pengecekan jumlah pengunjung website dan hasil iklan Facebook langsung di layar smartphone Anda.

Walau demikian, Anda tetap membutuhkan laptop atau PC desktop karena Anda merasakan bahwa melihat data Google Analytics dan Facebook Ads Manager lebih nyaman langsung di layar laptop ketimbang di layar smartphone.

Demikian alasan mengapa laptop atau PC desktop wajib ada di ruang kerja Anda.

Monitor Tambahan

Bagi sebagian orang, bekerja hanya dengan satu layar monitor tidaklah cukup. Bagi mereka, minimal harus ada dua layar monitor sehingga membuat mereka lebih produktif.

dual monitor
Image source: goodfreephotos.com

So, bagi Anda yang termasuk kategori ini, keberadaan monitor tambahan adalah keharusan.

Mouse dan Keyboard Wireless

Untuk Anda yang menyukai kerapihan, keberadaan mouse dan keyboard wireless adalah keharusan.

gambar mouse dan keyboard wireless
Image source: unsplash.com

Dengan adanya mouse dan keyboard wireless, meja kerja Anda akan menjadi lebih rapih dibandingkan jika Anda menggunakan mouse atau keyboard biasa (menggunakan kabel).

Dengan meja kerja yang lebih rapi, Anda akan menjadi lebih nyaman saat bekerja dan itu secara otomatis membuat Anda lebih produktif.

Baterai yang Berkualitas untuk Mouse dan Keyboard Wireless

Jika Anda memutuskan menggunakan mouse dan keywboard wireless, maka baterai yang berkualitas adalah hal yang harus juga Anda gunakan.

Mengapa? Sebab, apabila Anda menggunakan baterai yang tidak berkualitas untuk mouse dan keyboard wireless, maka baterai akan menjadi lebih cepat habis sehingga Anda harus sering mengganti baterai.

Dengan menggunakan baterai yang berkualitas untuk mouse dan keyboard wireless, Anda tidak perlu sering-sering mengganti baterai, sehingga waktu Anda tidak terbuang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Meja Kerja dan Kursi Ergonomis

Meja kerja dan kursi egonomis, menurut pengertian saya pribadi, adalah meja dan kursi yang bisa kita atur agar kita bisa bekerja dengan senyaman mungkin.

Meja dan kursi egonomis itu seperti apa, sih? Berikut contohnya.

meja dan kursi ergonomis harus ada di ruang kerja Anda
Image source: vimeo.com

Pada gambar di atas, tampak sebuah meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga bisa digunakan untuk bekerja sambil duduk dan sambil berdiri.

Juga, tampak sebuah kursi yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga orang yang duduk di atasnya bisa menyesuaikan ketinggian kursi untuk mendapatkan posisi ketinggian yang nyaman.

Meja Laptop

Meja laptop yang saya maksud di sini berbeda dengan meja ergonomis yang saya sudah jelaskan sebelumnya. Meja laptop yang saya maksud di sini adalah meja laptop yang bisa kita gunakan untuk mengatur ketinggian laptop, sehingga layar laptop bisa menyesuaikan dengan jarak pandang kita.

Selain itu, ketika Anda minum di meja kerja, dan kebetulan ada sebagian cairan yang tumpah, apabila Anda menggunakan meja laptop, maka laptop Anda akan selamat dari tumpahan tersebut.

Contoh meja laptop yang saya maksud adalah sebagai berikut:

gambar meja laptop
Image source: coolermaster.com

Headset dengan Fitur Peredam Suara Sekitar (Noise-Canceling)

Jika Anda berada di rumah dengan lingkungan yang bising, maka Anda memerlukan headset yang memiliki fitur noise-canceling (mampu meredam suara sekitar). Gunanya, agar Anda bisa bekerja dengan suasana yang lebih tenang. Jika Anda lebih menyukai bekerja dalam suasana yang tenang, memiliki headset jenis ini adalah suatu keharusan.

Tanaman Hijau

Tanaman hijau harus ada di ruangan kerja Anda karena ia bisa membantu meningkatkan produktivitas Anda.

tanaman hijau di atas meja kerja
Image source: unsplash.com

Di antara Anda mungkin ada yang memiliki pertanyaan seperti ini…

Dari mana Anda tahu bahwa tanaman bisa membantu meningkatkan produktivitas?

Ya, saya tahu karena saya membaca sebuah penelitian tentang hal itu.

Menurut Marlon Nieuwenhuis, seorang peneliti dari Cardiff University, tanaman hijau di area perkantoran dapat memberikan efek positif bagi kesehatan dan semangat kerja karyawan. Lebih lanjut menurutnya, keberadaan tanaman hijau ternyata dapat meningkatkan nilai produktivitas pegawai sebesar 15 persen. Alasannya, karena tanaman berklorofil rutin melakukan proses fotosintesis dengan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Hasilnya, lingkungan sekitar akan terasa lebih segar dan tidak pengap sehingga semangat karyawan dalam bekerja pun meningkat (cardiff.ac.uk/news/view/47147-flower-power).

Modem, Printer, Scanner, Tempat Sampah, dll

Modem tidak usah ditanya mengapa ia harus ada di ruangan kerja. Adapun printer, scanner, dan tempat sampah serta barang-barang lainnya hendaknya ada di ruangan kerja jika memang Anda membutuhkannya.

Pintu yang Bisa Dikunci

Ruangan kerja Anda harus memiliki pintu yang bisa dikunci. Sebab, saat bekerja dari rumah, ada saat-saat tertentu di mana pada saat itu Anda membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan suasana yang bebas dari gangguan.

pintu yang bisa dikunci
Image source: pixabay.com

Dengan memiliki ruangan kerja yang memiliki pintu dan bisa dikunci, maka saat Anda sedang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan suasana yang bebas dari gangguan, Anda tinggal menutup pintu tersebut lalu menguncinya.

Contoh saat-saat dimana Anda membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi dan suasana yang bebas dari gangguan:

  • Saat melakukan wawancara dengan pelamar atau rapat dengan rekan kerja via Skype.
  • Saat melakukan brainstorming.
  • Saat deadline sudah di depan mata.

3. Buat Jadwal Kerja dan Beritahu Keluarga

Tips berikutnya ialah menetapkan jadwal kerja dan memastikan semua anggota keluarga yang tinggal di rumah Anda mengetahuinya.

Jangan sampai, saat Anda tengah bekerja, ada salah seorang anggota keluarga Anda yang menyetel musik dengan kencang di dekat ruangan Anda. Atau, saat Anda sedang bekerja, istri Anda mengajak untuk bercinta. #Ups 😘

Pokoknya, semua anggota keluarga harus tahu jadwal kerja Anda agar mereka turut membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi Anda untuk bekerja dari rumah dengan nyaman.

***

Demikian 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga produktivitas Anda saat bekerja dari rumah.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

Related Story
Scroll Up